RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "


Meningkatkan Kecepatan Membaca



Cara Meningkatkan Kecepatan Membaca
                Membaca cepat sangat diperlukan, dan ada 6 cara meningkatkan kecepatan membaca:
1. Membangun Alasan
Anda harus punya alasan untuk membaca. Anda harus memaksa diri untuk menetapkan target dari apa yang hendak dibaca. Maka kemudian , minimal tanyakanlah pada diri anda ketika hendak membaca.
2. Membangun Mood & Kesiapan Diri
Satu cara untuk memusnahkan rasa resah adalah dengan meyakinkan diri bahwa sebenarnya anda tahu topic yang akan di pelajari itu. Semenjak membaca judul, coba ingat-ingat apa saja informasi yang sekiranya bias dikaitkan denagn topic yang anda hadapi. Cari apapun yang mirip dan bias membuat familiar dngan topic yang anda hadapi.
3. Mengajukan Pertanyaan Pemancing Perhatian
Tuliskan apa-apa yang sudah anda ketahui terkait topic bersangkutan: tuliskan kata-kata kuncinya.                                                                                                                                                                               1. Putuskan apa sih yang sebenarnya anda mau dari bacaan itu.                                                                                  2. Ajukan pertanyaan: Kenapa sya membaca ini? Apa yang saya ketahui tentang topic ini? Apa yang perlu saya ketahui/cari tahu dari sini?
4. Membaca Sekilas: Mencari Gambaran
*Bacalah cover depan maupun belakang, bagian sampul dalam dan daftar isi.                                       *Temukan bagaimana struktur bukunya.                                                                                                                  *Baca dengan sekilas bagian dalamnya, temukan kata-kata yang mencolok.
5. Mencari Gagasan Inti
                Coret, beri highlight, garis bawah, lingkaran dan buat catatan dari apa-apa yang anda baca.
6. Gunakan Pemacu
                Anda dapat menggunakan jari anda sendiri, sumpit, balpoin, pensil atau apapun yang dapat membantu memfokuskan perhatian anda pada kata-kata dalam bacaan.
Langkah-langkah Membaca Cepat
1.Berlatih Konsentrasi
Saat membaca, terjadi kerja sama antara mata dan otak. Jika mata atau otak tidak bekerja dengan baik, hasil membaca juga tidak baik. Setiap orang mempunyai cara sendiri untk membaca dengan konsentrasi.
2. Berlatih Membaca Dalam Hati (Tanpa Suara)
Membaca dengan bersuara merupakan kebiasaan yang kurang baik, kebiasaan tersebut dapat mengurangi konsentrasi, sebab otak kita melakukan empat pekerjaan sekaligus. Keempat pekerjaan itu adalah membaca, mendengar, bersuara dan memahami isi bacaan.
Manfaat Membaca Cepat
                *Untuk mencari informasi yang kita perlukan dari sebuah bacaan secara cepat dan efektif.
                *Dalam waktu yang singkat dapat menelusuri bahan halaman buku atau bacaan.
                *Tidak banyak waktu yang terbuang karena tidak perlu memperhatikan atau membaca bagian                   yang tidak kita perlukan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar