RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "


Kalimat Topik


KALIMAT TOPIK
1.TOPIK
A.Pengertian Topik
            Topik berasal dari bahasa Yunani “topoi” yang berarti tempat, dalam tulis menulis.                Apabila topik yang kita bicarakan hanya satu masalah saja, maka itu topik tunggal. Tetapi jika masalahnya berkembang kepada masalah lain, maka topiknya menjadi banyak. Topik itu disebut multitopik atau topik ganda.
B.Cara Membatasi Topik
            1. Tetapkanlah topik yang akan digarap dalam kedudukan sentral.
2. Mengajukan pertanyaan, apakah topic yang berada dalam kedudukan sentral iu masi         dapat dirinci lebih lanjut? Bila dapat, tempatkanlah rincian itu sekitar lingkaran topik   pertama tadi.                                                                                                                                    3. Tetapkanlah dari rincian tadi mana yang akan dipilih.                                                            4. Mengajukan pertanyaan apakah sector tadi masih dapat dirinci lebih lanjut atau tidak.
2.KALIMAT TOPIK
A. Pengertian
Kalimat topik merupakan kalimat yang mengungkapkan gagasan pokok/utama mengenai topic yang akan dikembangkan dalam paragraf.          
Kalimat topik memiliki peranan yang besar dalam pembentukan paragraf.                                                     Menurut Reid (1994:12): (1) Memperkenalkan pembaca tentang topic didalam paragraf. (2) Menyatakan ide pokok dalam paragraf, dan (3) Merupakan focus paragraf.
B. Ciri-ciri kalimat topik
*Biasanya diletakkan pada awal paragraf, tapi bias juga pada akhir paragraf.                                                                          *Suatu kalimat berisikan kalimat utama ditandai oleh kata-kata kunci seperti:                                            o Sebagai kesimpulan…..                        o Dengan demikian…..                                                                                                                                                                                                          o Yang penting…..                                                                                                                                                               o Jadi…..                                                                                
*Biasanya berisi suatu pernyataan yang nantinya akan dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat penjelas.
3. IDE POKOK
A. Pengertian
             Inti atau ide pokok paragraph merupakan gagasan yang secara structural maknawi membawahkan gagasan yang lain.
B. Contoh Ide Pokok
“kamu kemana saja malam minggu kemarin?” dan kita menjawab “Aku nonton band”.                             Sebenarnya kita cuma mau memberi tahu inti aktivitas kita saat mala minggu.
C. Cara menentukan Ide Pokok
1.Jika tersurat cari kalimat dalam paragraf yang bias mewakili keseluruhan isi bacaan.                                                                     2.Jika tersirat tuliskan satu kalimat yang kita piker bias mewakili keseluruhan isi teks.                                              3.Ringkas bacaan teks.                                                                         
4. IDE PENGONTROL
            Ide pengontrol merupakan pokok pikiran yang membatasi kearah mana topik itu akan dikembangkan dan berfungsi mengontrol gagasan dalam pengembangan paragraf.
5. PEMBAHASAN DALAM PARAGRAF
A. Unsur-unsur Paragraf
            Paragraf adalah satu kesatuan ekspresi yang terdiri atas seperangkat kalimat yang dipergunakan oleh pengarang untuk menyatakan jalan pikirannya pada pembaca.                                                              Alat bantu menciptakan susunan logis-sistematis:                                                                                                                        o Ide pokok                                                                    o Kalimat topic                                                                                     o Kalimat pengembang                                               o Kalimat penegas                                                                           o Transisi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Berbagai Info mengatakan...

Makasih ini ilmu yang bermafaat, sebagai seorang blogger harus paham betul mengenai gagasan utama ini dan kalimat utama.

Posting Komentar