RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "


Keterampilan Membaca

-->

KETERAMPILAN MEMBACA
DEFINISI MEMBACA:
Membaca adalah salah salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Dalam kegiatan membaca, kegiatan lebih banyak dititik beratkan pada keterampilan membaca dari pada teori-teori membaca itu sendiri. Ada pun tiga komponen keterampilan membaca, yaitu:
1.       Pengenalan terhadap aksara-aksara serta tanda-tanda baca.
2.       Korelasi aksara beserta tanda-tanda baca dengan unsur-unsur linguistic yang formal.
3.       Hubungan lebih lanjut dari A dan B dengan  makna.
Membaca juga adapat diartikan sebagai suatu metode yang dapat dipergunakan untuk berkomunikasi dengan diri kita sendiri dan kadang-kadang dengan orang lain yaitu mengomunikasikan makna yang terkandung atau tersirat pada lambing-lambang tertulis. Juga sebagai  suatu proses untuk memahami yang tersirat dalam yang tersurat,yakni memahami makna yang terkandung di dalam kata-kata yang tertulis. Makna bacaan  tidak terletak pada halaman tertulis tetapi pada sang pembaca itu sendiri.  Dengan membaca kita dapat memperoleh informasi dari teks,baik yang berupa tulisan maupun dari gambar atau diagram atau kombinasi semua itu. Membaca telah termasuk melakukan aktivitas kompleks denagan mengerahkan sejumlah besar tindakan terpisah-pisah, seperti, khayalan, mengamati, dan mengingat-ingat.
HAKIKAT MEMBACA:    
Tujuan membaca adalah untuk memahami isinya. Untuk memahami isi, kita harus mengerti gagasan (topik) dasar apa yang kita baca,membaca sangatlah perlu dalam kehidupan sehari-hari manusia. Membaca tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan.   Oleh sebab itu membaca sangatlah penting bagi manusia dan juga kehidupan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar