RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "


Jenis Membaca


JENIS MEMBACA

A. Berdasarkan Sasaran Pembacanya


            Membaca Permulaan (Kelas 1-2 Sekolah Dasar)


            Membaca Lanjut (Kelas 3-6 SD, SMP, SMA dan sederajat)


B. Berdasarkan Cara Membaca (Terdengar Tidaknya)


 intonasi yang tepat.


*Membaca dalam hati adalah kegiatan membaca yang dilakukann tanpa menyuarakan isi bacaan.


C. Berdasarkan Bahan Bacaan


            *Intensif adalah kegiatan membaca yang dilakukan secara cermat.


            Membaca Intensif  terbagi menjadi dua yaitu Membaca Telaah Isi dan Bahasa.


            Telaah isi


            *Membaca Teliti          : membaca jenis ini sama pentingnya dengan membaca sekilas.


*Pemahaman               : membaca yang bertujuan untuk memahami tentang standar-standar                                            atau            norma-norma kesastraan.


*Kritis                          : kegiatan membaca yang dilakukan secara bijaksana, mendalam,                                          evaluative, dengan tujuan untuk menemukan keseluruhan bahan bacaan.


*Membaca Ide                         : sejenis kegiatan membaca yang ingin memperoleh ide-ide dalam                     bacaan.


*Membaca Kreatif       : kegiatan membaca yang tidak hanya sekedar menangkap makna                                          tersurat, tetapi mampu secara kreatif menerapkan hasil membacanya.


Membaca Telaah Bahasa


*Membaca Bahasa       : tujuan utamanya adalah memperbesar daya kata dan memperkaya kosa                                                       kata.


*Membaca Sastra         : dalam membac sastra perhatian pembaca harus dipusatkan pada penggunaan bahasa dalam karya sastra.


            Membaca Ekstensif dibagi menjadi 3 yaitu membaca survey, sekilas, dan membaca dangkal.


            *Membaca Survey       adalah kegiatan membaca untuk mengetahui secara sekilas terhadap                                                 bahan bacaan yang akan dibaca lebih mendalam.


            *Membaca Sekilas       adalah kegiatan membaca dengan mengandalkan kecepatan gerak mata.


            *Membaca Dangkal     bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang dangkal yang bersifat                                                            luaran, yang tidak mendalam dari suatu bacaan.


D. Berdasarkan Klasifikasi Tujuan Baca


            *Tujuan instruksional (pengajaran) : pemahaman dan studi.


            *Tujuan ekspresif (mampu memberikan gambara, maksud, gasan, perasaan) : membaca                                  interpretative (bersifat adanya kesan, pendapat dan pandangan) dan kreatif.  


E Berdasarkan Tingkatan Tujuan


            *Membaca dasar                  : pusat perhatian pada bhs. Tulis.


            *Membaca tinjauan             : pusat pertain pada pemahaman sebanyak-banyaknya, gambaran                                                                    umum.


            *Membaca analitis               : pusat perhatian pada pemahaman, mencerna inforrmasi secara                                                            analitis.


            *Membaca membandingkan : membaca topik yang sama dari beberapa sumber yang berbeda.


F. Berdasarkan Teknik Menemukan Informasi


            *Baca pilih      : memilih bahan bacaan sesuai dengan kebutuhan.


            *Baca lompat   : menemukan bagian bacaan yang relevan sesuai dengan kebutuhan.


            *Baca layap     : membaca cepat untuk memperoleh gambaran mengenai isi teks.


            *Baca tatap      : membaca cepat, dan memusatkan pada bagian bacaan yang dicari.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar