JENIS MEMBACA
A. Berdasarkan Sasaran Pembacanya
Membaca Permulaan (Kelas 1-2 Sekolah Dasar)
Membaca Lanjut (Kelas 3-6 SD, SMP, SMA dan sederajat)
B. Berdasarkan Cara Membaca (Terdengar Tidaknya)
intonasi yang tepat.
*Membaca dalam hati adalah kegiatan membaca yang dilakukann tanpa menyuarakan isi bacaan.
C. Berdasarkan Bahan Bacaan
*Intensif adalah kegiatan membaca yang dilakukan secara cermat.
Membaca Intensif terbagi menjadi dua yaitu Membaca Telaah Isi dan Bahasa.
Telaah isi
*Membaca Teliti : membaca jenis ini sama pentingnya dengan membaca sekilas.
*Pemahaman : membaca yang bertujuan untuk memahami tentang standar-standar atau norma-norma kesastraan.
*Kritis : kegiatan membaca yang dilakukan secara bijaksana, mendalam, evaluative, dengan tujuan untuk menemukan keseluruhan bahan bacaan.
*Membaca Ide : sejenis kegiatan membaca yang ingin memperoleh ide-ide dalam bacaan.
*Membaca Kreatif : kegiatan membaca yang tidak hanya sekedar menangkap makna tersurat, tetapi mampu secara kreatif menerapkan hasil membacanya.
Membaca Telaah Bahasa
*Membaca Bahasa : tujuan utamanya adalah memperbesar daya kata dan memperkaya kosa kata.
*Membaca Sastra : dalam membac sastra perhatian pembaca harus dipusatkan pada penggunaan bahasa dalam karya sastra.
Membaca Ekstensif dibagi menjadi 3 yaitu membaca survey, sekilas, dan membaca dangkal.
*Membaca Survey adalah kegiatan membaca untuk mengetahui secara sekilas terhadap bahan bacaan yang akan dibaca lebih mendalam.
*Membaca Sekilas adalah kegiatan membaca dengan mengandalkan kecepatan gerak mata.
*Membaca Dangkal bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang dangkal yang bersifat luaran, yang tidak mendalam dari suatu bacaan.
D. Berdasarkan Klasifikasi Tujuan Baca
*Tujuan instruksional (pengajaran) : pemahaman dan studi.
*Tujuan ekspresif (mampu memberikan gambara, maksud, gasan, perasaan) : membaca interpretative (bersifat adanya kesan, pendapat dan pandangan) dan kreatif.
E Berdasarkan Tingkatan Tujuan
*Membaca dasar : pusat perhatian pada bhs. Tulis.
*Membaca tinjauan : pusat pertain pada pemahaman sebanyak-banyaknya, gambaran umum.
*Membaca analitis : pusat perhatian pada pemahaman, mencerna inforrmasi secara analitis.
*Membaca membandingkan : membaca topik yang sama dari beberapa sumber yang berbeda.
F. Berdasarkan Teknik Menemukan Informasi
*Baca pilih : memilih bahan bacaan sesuai dengan kebutuhan.
*Baca lompat : menemukan bagian bacaan yang relevan sesuai dengan kebutuhan.
*Baca layap : membaca cepat untuk memperoleh gambaran mengenai isi teks.
*Baca tatap : membaca cepat, dan memusatkan pada bagian bacaan yang dicari.
0 komentar:
Posting Komentar